Tata Cara Niat Dan Doa Setelah Sholat Dhuha Serta Rahasia Dan Keutamaannya Yang Benar

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Niat Dan Doa Setelah Sholat Dhuha Serta Rahasia Dan Keutamaannya Yang Benar - Di antara kesunnahan yang memiliki rahasia sangat mengagumkan adalah sholat dhuha, bagi kalangan umat muslim sholat ini sudah sangat di kenal bahkan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pun pasti mengetahuinya. Namun sayangnya hanya sebatas tahu saja tidak sampai pada hati untuk mengerjakannya. Padahal jika semua menyadari bahwa dengan rutin bisa mengerjakan sholat sunnah ini maka berbahagialah baginya sebab keberuntungan dalam berbagai hal akan selalu mengahampiri dia.

Memang tidak bisa di pungkiri, bahwa seseorang tidak akan mudah mengerjakan sesuatu apabila belum melihat hasilnya dan itulah kebanyakan dari sifat orang-orang sekarang ini. Namun bagi orang yang beriman dengan adanya perintah dan mengethui keutamaan dari hal tersebut saja akan langsung mengerjakannya secara rutin, karena dalam hatinya akan tumbuh rasa yakin bahwa semua yang di perintah allah dan rosulnya tidak ada yang tidak bermanfaat tentu di dalamnya tersimpan rahasia besar yang akan membawanya pada keselematan.

Untuk itu marilah kita kaji semua yang bersangkutan dengan sholat dhuha ini, agar tidak lagi ada alasan belum faham tata cara, bagaimana bacaan surat-nya, tidak hafal doa setelahnya, tidak tahu jumlah rakaat shalat dhuha dan lain sebagainya. Bukan berarti memaksa, namun agar menjadi sebuah motivasi serta memberikan pemahaman bahwa sholat dhuha ini sangat penting dan memiliki hikmah yang sangat tinggi terutama bagi kelancaran rezeki dan kemudahan dalam menjalani hidup, kesananya agar senantiasa berada dalam rido allah swt.

Tata Cara Niat Dan Doa Setelah Sholat Dhuha Serta Rahasia Dan Keutamaannya

Waktu Sholat Dhuha

Sholat dhuha ini di laksanakan pada waktu tertentu dalam arti tidak bebas di kerjakan kapan saja, tepatnya yaitu di mulai sesudah terbitnya matahari sepenggalah dalam arti 7 hasta sejak terbitnya jika di hitung dalam jam kira-kira kurang lebih jam 07:00. Sedangkan untuk akhir atau batas terakhir dari waktu shalat dhuha ini yaitu sebelum masuknya atau datangnya waktu dhuhur, jika sudah masuk dhuhur maka tidak ada lagi sholat sunnah dhuha.

Jumlah Rakaat Shalat Dhuha

Mengenai jumlah rakaat dari sholat dhuha ini terjadi perbedaan pendapat di kalangan para ulama, jika menurut imam Rofi'i dalam kitab Al Muharror dan Syarah Shogir paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat, sedangkan merurut imam nawawi dalam Syarah Al-Muhadzab yaitu hingga 8 rakaat, dari kedua pendapat tersebut lebih di utamakan di lakukan dengan masing-masing 2 rakaat satu kali salam. Kita sebagai umat yang awam sebaiknya mengikuti para ulama saja yang lebih tehu akan ilmunya, dan jadikan perbedaan tersebut sebagai hikmah bukan sebagai alasan untuk tidak mengerjakan, meskipun hanya mampu 2 rakaat atau 4 rakaat saja, lakukanlah.

Tata Cara Sholat Dhuha.


Sedangkan dalam panduan sholat dhuha ini sebenarnya sama dengan yang lainnya yaitu di awali takbirotul ikhram di akhiri salam serta saat kedua tangan di angakat untuk takhbirotul ikhram didalam hati menghadirkan atau membacakan niat sholat dhuha dan itu di lakukan setiap mulai rakaat, berikut niat selengkapnya.

Bacaan Niat Sholat Dhuha 2 Rakaat

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحَى رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Artinya : Aku sengaja sholat sunnah dhuha dua rakaat, karena Allah Ta'alaa.

USHOLLI SUNNATADH DHUHAA RaK'ATAINI LILLAAHI TA'AALA

Bacaan Niat Sholat Dhuha 4 Rakaat

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحَى اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ ِللهِ تَعَالَى

Artinya : Aku Sengaja Sholat Sunnah Dhuha Empat Rakaat Karena Allah Ta'alaa.

Usholli Sunnatadh dhuhaa arba'a rak'atin lillahi ta'alaa.

Bacaan Surat Sholat Dhuha

1. Pada rakaat pertama lebih utama membaca surat surat Asy-Syams

2. Pada rakaat ke dua lebih utama membaca surat Al-Lail

Setelah sholat dhuha selesai jangan pergi begitu saja tetapi di lanjut dengan membaca tasbih dan dzikir serta bacaan-bacaan lainnya yang kemudian di tutup dengan doa seperti di bawah ini.

Doa Setelah Sholat Dhuha

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya : Wahai Tuhanku, kenyataannya saat dhuha merupakan saat dhuha-Mu, keagungan merupakan keagunan-Mu, keindahan merupakan keindahan-Mu, kapabilitas merupakan kekuatan-Mu, penjagaan merupakan penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, seandainya rezekiku ada diatas langit jadi turunkanlah, seandainya ada didalam bumi jadi keluarkanlah, seandainya susah mudahkanlah, seandainya haram sucikanlah, seandainya jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yg Engkau datangkan terhadap hamba-hambaMu yg soleh .

ALLOHUMMA INNAD DHUHA,A DHUHA,UKA, WAL BAHAA,A BAHAA,UKA, WAL JAMAA,LA JAMAA,LUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDROTA QUDROTUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLOHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA,I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDI FA,AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HAROOMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BAA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA,IKA WA BAHAA,IKA, WA JAMAA,LIKA WA QUWWA,TIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHOLIHIN.

Rahasia Dan Keutamaan Sholat Dhuha

Agar menjadi sebuah motivasi pada diri setiap orang untuk bisa selalu melaksanakan sholat sunnah dhuha, maka di sini akan kami ringkas di antara rahasia dan manfaat dari sholat sunnah tersebut, yang mana pasti akan di dapatkan bagi siapa saja yang bisa mengerjakannya secara ikhlas dan rutin setiap hari.

1. Mendapat Ampunan Dosa
2. Akan mendapat pahala bagaikan ibadah umrah
3. Akan mendapatkan pahala di sore harinya
4. Di sediakan sebuah rumah indah nanti di surga
5. Bisa mendapat keuntungan atau ghanimah yang sangat besar
6. Akan menjadi sedekah bagi seluruh persendian tubuh

Semua keutamaan di atas terdapat dalam hadist-hadist rosul, sehingga yakin kebeadaannya dan pasti di dapatkannya bagi orang yang bisa mngerjakannya secara dawan atau terus menerus. Hidup dunia hanya beberapa tahun saja, bahkan umumnya umur manusia hingga 60 tahun, apabila umur kita sudah mencapai 30 maka paling lama berada di dunia ini 30 ahun lagi, apabila telah 45 maka tinggal 15 tahun lagi, sementara dai tahun ke tahun terasa begitu cepat, perasaan baru kemarin bulan ramadhan sekarang sudah datang lagi. Maka dari itu jangan sia-siakan waktu hanya untuk hal yang tidak bermanfaat karena hanya satu bekal yang akan di bawa ke alam qubur yaitu amal kita selama di dunia. Jangan pernah berpikir kita akan hidup lebih lama dari itu mungkin 3 atau 4 hari kedepan pun kita sudah tidak ada, 1 dari 10000 orang yang memiliki umur lebih dari 60 tahun, hal ini bisa di cermati di sekitar kita.

Bukan berarti kami bisa mngetahui jumlah umur seseorang namun setidaknya dengan adanya cerita tersebut, akan lebih mengingatkan kita, apa tujuan utama berada di dunia ini, dan kemana, kepada siapa kita akan kembali, semoga ini menjadi sebuah perhatian baik untuk kita semua serta bisa di manfaatkan dengan baik.

Mohon maaf atas segala kekurangan, keslahan yang terjadi itulah adalah dari kebodohan kami, meskipun begitu mudah-mudahan pembahasan yang berkaitan dengan tata cara niat dan doa setelah sholat dhuha serta rahasia dan keutamaannya ini menjadi sebuah pengetahun yang bermanfaat bagi kita semua, dan semoga kita berada dalam lindungan allah swt, serta khusnul khotimah dalam segala hal, amin.
Advertisement