Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Bacaan Niat Dan Doa Setelahnya

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Bacaan Niat Dan Doa Setelahnya - Keajaiban yang sangat istimewa akan didapat bagi siapapun yang bisa istiqomah atau terus menerus secara rutin bisa melaksanakan sholat malam ketika orang-orang tidur yang di sebut dengan tahajud. Bukan hanya bicara semata namun hal ini telah di janjikan oleh allah swt yang tertera dalam beberapa ayat al-qur'an dan hadist nabi saw bahkan dalam satu ayat surat al-isra ayat 79 di nyatakan barang siapa di tengah malam melaksanakan sholat semata-mata ibadah, allah swt akan mengangkat drajat kepada yang lebih tinggi.

Kaya dan bahagia dengan tahajud akan menjadi sebuah hal yang pasti di dapatkan oleh orang yang senantiasa selama hidupnya melaksanakan sholat sunnah ini. Hal tersebut bukanlah sekedar ungkapan semata tetapi menjadi bukti yang sudah nyata, bagaimana tidak, orang taat terhadap perintah allah dan rosulnya maka kebahagiaan dan keberkahan rezeki selalu menghampirinya. Bahkan bisa di buktikan secara dohir, banyak orang yang sukses hidupnya, jauh dari kebingungan, serta selalu nampak cerah wajahnya setelah mereka mendawamkan sholat tahajud.

Kapan waktu sholat tahajud ini di kerjakan?. Adalah di waktu sepertiga malam atau kira-kira pukul setengah 12 hingga pukul 3, dan itulah sebaik-baiknya saat untuk beribadah. Jika di cermati secara logika bagaimana tidak waktu tersebut sangat, bukan hanya untuk beribadah tetapi jika kita melaksanakan hal lain misalnya belajar atau mengerjakan sesuatu akan mudah di pahami karena pada sepertiga malam tersebut konsentrasi hati dan pikiran akan lebih fokus, sebab tidak adanya hal yang mengaggu baik dari suara-suara kendaraan atau aktivitas lainnya.

Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Bacaan Niat Dan Doa Setelahnya

Mungkin di antara kita ada yang bertanya "sholat tahajud berapa rakaat?. Jawabannya yaitu minimal 2, 4, 12 rakaat hingga tak terhitung dengan masing 1x salam 2 rakaat. Tetapi untuk mengerjakannya ada syarat yang mesti di kerjakan terlebih dahulu yaitu tidur, bagi siapa saja yang hendak melakukan kesunnahan ini di tuntut untu tidur terlebih dahulu. Bagaimana jika sholat tahajud tanpa tidur, maka termasuk pada qiyamullail" (sholat malam).

Tata Cara Sholat Tahajud

Dalam pelaksanaan tahajud ini tidak ada perbedaan dengan sholat pada umumnya seperti hajat atau sholat wajib termasuk bacaan, gerakan dan syarat rukunnya hingga pembatalannya, Yaitu di antaranya bagi yang akan melakukannya di haruskan untuk berwudhu terlebih dahulu.

Niat Sholat Tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat-tahajudi rok'ataini mustaqhbilal qiblati lillahi ta'aalaa.

1. Takhbirotul ikhram

Niat di atas di ucapkan atau di hadirkan di dalam hari ketika melakuka takhbirotul ikhram, pembacaan sebelum takhbir hukumnya sunat serta cukup di dalam hati.

2. Membaca doa iftitah (kesunnahan pada sholat)

3. Membaca surat Al-Fatihah

4. Membaca salah satu surat pendek dari al-qur'an seperti annas, al-falq dan al-ikhlas

Untuk selanjutnya sama seperti pada umumnya yang kemudian pada rakaat kedua di akhiri dengan salam.

Setelah selesai mengerjakan tahajud langsung di tutup dengan memperbanyak bacaan dzikir, istighfar, sholawat dan lain sebagainya, yang kemudian di lanjut dengan membaca doa setelah sholat tahajud yang bacaannya sebagai berikut.

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ


Artinya : Wahai Allah! Milik-Mu lah semua puji. Engkaulah penegak serta pengurus langit serta bumi dan makhluk yg ada di dalamnya. Milik-Mu lah semua puji. Engkaulah penguasa (raja) langit serta bumi dan makhluk yg ada di dalamnya. Milik-Mu lah semua puji. Engkaulah sinar langit serta bumi dan makhluk yg ada di dalamnya. Milik-Mu lah semua puji. Engkaulah Yg Hak (benar), janji-Mu lah yg benar, pertemuan dengan-Mu merupakan benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), banyak nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, serta hari kiamat itu benar (ada). Wahai Allah! Cuma kepada-Mu lah saya berserah diri, cuma kepada-Mu lah saya beriman, cuma kepada-Mu lah saya bertawakkal cuma kepada-Mu lah saya kembali, cuma dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, serta cuma kepada-Mu lah saya berhukum. Oleh sebab itu ampunilah semua dosaku, yg udah kulakukan serta yg (kemungkinan) dapat kulakukan, yg kurahasiakan serta yg kulakukan dengan cara terang-terangan, serta dosa-dosa yang lain yg Engkau lebih tahu ketimbang saya. Engkaulah Yg Maha Terdahulu serta Engkaulah Yg Maha Paling akhir. ga ada Tuhan tidak hanya Engkau, serta ga ada daya usaha serta kapabilitas terkecuali dengan pertolongan Allah.

Sebaiknya bukan hanya melaksanakan sholat tahajud saja namun di anjurkan juga dengan sholat witir 3 rakaat setelahnya. Adapun untuk macam-macam sholat malam selain tahajud seperti sholat hajat, witir, tasbih, dan sunnah mutlak tergantung niat mau melakukan sholat yang mana.

Hanya itu saja pembahasan yang berkaitan dengan tata cara sholat tahajud yang benar bacaan niat dan doa setelahnya mudah-mudahan dapat di mengerti serta di amalkan secara istiqomah, terakhir mohon maaf apabila ada kesalahan-kesalahan baik dalam pembahasan, penulisan atau ada kata-kata kurang berkenen, itu semua dari kebodohan kami.
Advertisement