Bacaan Doa Setelah Mendengar Adzan Dan Iqomah Serta Terjemahannya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Setelah Mendengar Adzan Dan Iqomah Serta Terjemahannya - Dalam sehari setidaknya kita sebagai umat muslim akan mendengar adzan 5 kali dalam sehari yaitu ketika waktu shalat sudah masuk seperti subuh, dhuhur, ashar, maghrib dan isya. Maka ketika mendengar suara adzan tersebut baik itu dari mesjid yang dekat atau jauh kesunahan untuk yang mendengarnya adalah berdoa atau menjawab setiap kalimat-kalimat adzan tersebut.

Tetapi bagai mana jika suara adzan yang terdengar banyak dan berturut-turut apakah harus menjawab semuanya? dalam masalah ini meskipun kita sudah mendengarnya di sebuah mesjid tetapi jika dari arah yang lainnya terdengar lagi tetap di anjurkan menjawabnya, tetapi apabila suara adzan yang di dengar satu sama lain bersamaan atau saling mendahului maka terdapat perbedaan pendapat menurut sebagian ulama tidak di sunnahkan menjawab semuanya namun menurut Imam 'Izzuddin bin Abdussalam tetap disunahkan.

Selain menjawab setiap kalimat dari adzan tersebut, di sunnahkan pula bagi muadzin atau yang adzan dan yang mendengarnya membacakan doa sesudah selesai adzan berkumandang bahkan menurut madzhab syafi'i hukumnya sunnah namun tidak untuk setelah iqomah karena di tuntut orang-orang menyegerakan takhbirotul ikhram untuk shalat, tetapi kendati demikian ada sebagian ulama yang membolehkannya atau menganjurkannya karena termasuk pada saat di kabulkannya doa, bahkan sama halnya seperti membaca doa sesudah wudhu.

Bacaan Doa Setelah Mendengar Adzan Dan Iqomah Serta Terjemahannya

Lalu bagaimana bacaan doa setelah adzan atau iqomah yang harus di baca, marilah kita pelajari dan hafalkan kalimatnya di bawah ini agar nanti ketika sesudah selesai mendengar suara adzan, bisa langsung mengamalkannya, berikut bacaan selengkapnya.

Doa Sesudah Adzan

اَللهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allohumma robba hadihid-da'watit-taam-mah wassholatil qooimati, aati muhammadanil-wasiilata wassyarofa waddarozatal-'aliyata rofii'ata wab'ashu maqoommaa-mahmudanil-ladzi wa'adtahu innaka laatukhliful mii'aadza yaa arhamar-rohimiina.

Artinya : Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkaujanjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang.

Doa Setelah Iqomah

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

Aqomahaal-llohu wa adaamahaa maadamatis-samaawati wal ardhi

Artinya : Semoga Allah menegakkan dan mengekalkan shalat selama masih ada langit dan bumi.

Sedikit perlu di ketahui bahwa tidak di sunnahkan adzan pada shalat-shalat sunnah meskipun yang sunahnya di lebih di anjurkan, seperti tarawih, dhuha dan lain sebagainya.

Nah itulah sedikit pembahasan tentang bacaan doa setelah adzan atau setelah selesai mendengar suara kumandang adzan dan iqomah bagi muadzin (orang yang beradzan) atau yang mendengarnya. bacaan doa setelah mendengar adzan dan iqomah serta terjemahannya, sebelum sesudah, maghrib, mp3, latin, mengumandangkan adzan, subuh, maghrib, jumat, komat.
Advertisement