Tata Cara Tayamum Yang Benar Dan Bacaan Niat-nya

Advertisement
Advertisement
Kita akan bahas terlebih dahulu pengertian dari pembahasan ini, agar bisa lebih memahami tujuannya lebih jauh. yang di maksud dengan tayamum adalah pengganti wudhu atau mandi ketika tidak di temukan air untuk melaksanakan kedua aktivitas ibadah tersebut atau karena sakit parah yang sekiranya berbahaya pada kesehatan jika terkena air.

Jika di lihat secara sekilas, debu ini hanyalah akan menambahkan kotoran pada tubuh bukan membersihkan, namun kendati demikian tersimpan sebuah makna berarti di dalam debu ini jika kita bisa memperhatikannya secara mendalam. Bisa di lihat dari sisi awal penciptaan manusia dari tanah maka sangat logis jika debu ini di jadikan sebagai alat untuk bersuci apalagi manfaatnya untuk kehidupan maka antara air dan debu (tanah) keduanya tidak akan lepas, mulai dari tumbuhnya aneka tanaman hingga manusia berpijakpun di atasnya.

Maka menjadi alasan yang tepat apabila debu atau tanah ini di jadikan sebagai pengganti air untuk bersuci, karena apabila di lihat dari peran dan manfaatnya, keduanya memiliki keterkaitan yang sama, berbeda dengan yang lainnya. Bagi anda para pembaca terutama yang sedang bepergian silahkan lihat dulu bagai mana cara shalat jamak atau tata cara-nya yang telah di bahas pada artikel sebelumnya.

Bessuci dengan debu ini tentunya tidak asal-asalan mengambil hukumnya, karena terdapat dalam sebuah ayat al-qu'an surat al-maidah yang bunyinya sebagai berikut :

Tata Cara Tayamum Yang Benar Dan Bacaan Niat-nya

وَإِن كُنتُم مَّرۡضَىٰٓ أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوۡ جَآءَ أَحَدٞ مِّنكُم مِّنَ ٱلۡغَآئِطِ أَوۡ لَٰمَسۡتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمۡ تَجِدُواْ مَآءٗ فَتَيَمَّمُواْ صَعِيدٗا طَيِّبٗا فَٱمۡسَحُواْ بِوُجُوهِكُمۡ وَأَيۡدِيكُم مِّنۡهُۚ مَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيَجۡعَلَ عَلَيۡكُم مِّنۡ حَرَجٖ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمۡ وَلِيُتِمَّ نِعۡمَتَهُۥ عَلَيۡكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ

Sama seperti wudhu, dalam cara tayamum juga memiliki syarat dan rukun yang harus di penuhi oleh yang akan melakukannya dan jika syarat-syarat tersebut tidak sempurna maka tayamumnya tidak syah di antaranya sebagai beriku :

Syarat Tayamum

1. Beagama islam.

2. Tidak sedang nifas atau haid khusus bagi wanita.

3. Jika terdapat najis di badan maka sebelum bertayamum harus di bersihkan terlebih dahulu.

4. Sudah berusaha dan merasa yakin tidak menemukan air di berbagai arah atau karena sedang sakit.

5. Harus di kerjakan setelah masuknya waktu shalat.

6. Debu yang di pakai untuk bertayamum hars yang suci belum pernah di pakai (musta'mal) dan tidak tercampur dengan benda lain, yang di maksud dengan debu musta'mal di sini yaitu debu yang menempel di tubuh atau yang bertaburan (sisa) pemakaian tayamum.

7. Benar-benar mudarat air baik itu karena tidak menemukannya, ada air tetapi berbahaya karena sakit atau lebih di butuhkan untuk kepantingan lainnya seperti minum.

Rukun Tayamum

1. Niat Bertayamum

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لاِسْتِبَاحَةِ الصَّلاَةِ المَفْرُوضَةِ للهِ تعَاَلَى

Nawaitu tayammuma listibaahati-shalaatil mafruudoti lillahi ta'aalaa

Artinya: Aku sengaja bertayamum agar dapat diperbolehkan melaksanakan shalat fardhu karena Allah Ta’ala.

Bacaan niat tayamum ini di hadirkan saat memindahkan debu atau sesudah menepukan kedua telapak tangan ke debu hingga wajah

2. Memindah debu

Orang yang hendak bertayamum maka harus ada usaha untuk memindahkan debu atau bisa juga dengan bantuan orang lain, dalam arti jika hanya berdiri di arah angin yang berlawanan dengan harapan debu menempel sendiri di wajah lalu menusapnya maka itu tidaklah mencukupi.

3. Mengusap wajah

Batasan atau ukuran wajah yang di usap sama halnya seperti pada wudhu yaitu mengusapnya dari bagian atas di ratakan ke seluruh bagian wajah dengan satu kali tepukan.

4. Mengusap kedua tangan

Begitu juga dengan usapan di kedua tangan yaitu dari mulai ujung jari hingga siku. Setiap usapan baik wajah atau tangan maka harus dengan tepukan yang berbeda, misalnya setelah selesai mengusap wajah lalu tangan di tepuk lagi ke dubu di lanjut mengusap tangan. Di antara tepukan sisa debu yang menempel di telapak tangan sebaiknya di sisihkan dulu atau di hilangkan.

5. Tartib.

Maksud dari tartib ini yaitu harus secara berurutan.

Dalam tata cara tayamum ini anggota yang di usap cukup hanya wajah dan kedua tangan saja tidak serta dengan kaki atau kepala. Dan setelah selesai melaksanakan tayamum di lanjut dengan membaca doa setelah tayamum.

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. أَللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِن عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ. سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ أَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ.

Asyhadu allailaha illaallohu wahdahu laasyarika lahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rosuuluhu, allohumma-z'alni minattawaabiina waj'alnii minal mutatohhiriina waj'alnii min'ibaadikas-soolihiina, subhaanaka alloohumma wabihamdika ashadu allaailaha illaa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.

Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang ahli taubat, jadikanlah aku termasuk orang yang ahli bersuci dan jadikanlah aku termasuk golongan hamba-hamba-Mu yang shalih. Maha Suci Engkau Ya Allah dan dengan memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.

Sebelumnya perlu di ketahui bahwa dalam hal bertayamum ini terdapat perbedaan pendapat seperti jika menurut madzhab hanafiyah satu kali tayamum tidak ada batasannya atu bisa untuk shalat fardhu beberapa kali selama belum batal dengan alasan karena tayamum ini sebagai pengganti dari wudhu ketika tidak ada air, sedangkan menurut Malikiyah dan Syafi’iyah satu kali tayamum hanya untuk satu shalat fardhu dan boleh untuk beberapa shalat sunnah.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan tentang pembahasan yang berkaitan dengan panduan tata cara tayamum yang benar. cara tayamum di kendaraan, cara tayamum di tembok, cara tayamum di kereta, doa sesudah tayamum dan artinya, cara tayamum orang sakit, tata cara tayamum di pesawat, yang membatalkan tayamum.
Advertisement