Rahasia Di Balik Sholat Dhuha Dan Tahajud Serta Manfaatnya

Advertisement
Advertisement
Rahasia Di Balik Sholat Dhuha Dan Tahajud Serta Manfaatnya - Pagi hari merupakan awal dimulainya berbagai aktivitas, tubuh masih terasa segar dan sinar matahari tidak begitu panas seakan mendukung semua manusia untuk memulai beragam pekerjaan. Namun tahukah anda bahwa pada waktu tersebut tersimpan sebuah rahasia besar yang sangat agung di mana hanya orang-orang tertentulah yang bisa mendapatkannya yaitu mereka yang senantiasa sadar dan ikhlas menjalankan perintah allah swt salah satunya sholat sunnah dhuha.

Memang allah swt memberikan sesuatu yang besar kadang di waktu-waktu yang banyak orang tidak menyukainya seperti di waktu dhuha ini, secara hawa nafsu orang-orang akanlebih memilih untuk pergi bekerja karena sudah terlihat hasilnya dari pada melaksanakan sholat dhuha, karena tidak bisa di pungkiri waktu setengah jam saja adalah uang, apalagi jika ada tuntutan kerja yang harus tepat waktu maka sudah tidak mungkin lagi mengerjakan sholat ini.

Makanya saya berani bilang bahwa orang-orang tertentulah yang bisa mendapatkan rahasia dan keutamaan dari dhuha ini karena hanya sedikit dari mereka yang bisa mengerjakannya, padahal jika di cermati dengan hati nurani orang-orang yang kesehariannya taat ibadah hidupnya pun terlihat senang dan tidak pernah kekurangan, seakan dia jauh dari permasalahan apalagi permasalahan yang berhubungan dengan dengan rezeki sebab mereka tahu bahwa yang memberi rizki adalah allah swt, bekerja tanpa doa adalah sia-sia, maksud doa di sini mencakup ibadah-ibadah lainnya.

Rahasia Di Balik Sholat Dhuha Dan Dan Tahajud Serta Manfaatnya

Sabda Rasulullah SAW, “Shalatnya beberapa orang yang bertaubat merupakan pada waktu berdirinya anak unta lantaran teriknya matahari. ” (HR. Muslim)

Sholat yang disebut dalam hadits ini merupakan sholat Dhuha. Hadits ini bisa memaparkan kalau saat paling afdhol buat melaksanakan sholat Dhuha merupakan waktu matahari telah terik.

Serta hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, beliau berkata, “Kekasihku (Nabi Muhammad) mewasiatkan kepadaku buat berpuasa tiga hari dalam tiap tiap bln., melaksanakan dua rakaat sholat Dhuha serta melaksanakan sholat witir sebelum saat tidur. ” (HR. Bukhari Muslim)

panduan atau cara sholat dhuha :

• Tekad sama dengan Takbiratul Ihram

“Usholli sunnat addhuha rack ‘ataini lillaahi ta’aala” punya arti “Aku kemauan shalat sunah Dhuha 2 rakaat lantaran Allah” (bisa juga Sekedar “saya kemauan sholat Dhuha”)

• Membaca doa Iftitah
• Membaca surat al Fatihah
• Membaca satu surat di dalam Al-Quran. Afdholnya rakaat pertama surat Asy-Syams serta rakaat ke-2 surat Al-Lail
• Ruku’ serta membaca tasbih tiga kali
• I’tidal serta membaca bacaanya
• Sujud pertama serta membaca tasbih tiga kali
• Duduk di antara dua sujud serta membaca bacaannya
• Sujud ke-2 serta membaca tasbih tiga kali
• Sesudah rakaat pertama usai, jalankan rakaat ke-2 seperti langkah di atas, selanjutnya Tasyahhud akhir sehabis usai jadi membaca salam 2 x. Rakaat-rakaat seterusnya dijalankan seperti sama contoh di atas.

RAHASIA KEUTAMAAN SHALAT DHUHA :

Hadits Rasulullah saw yang bercerita terkait keutamaan shalat Dhuha, salah satunya :

Sedekah untuk semua persendian badan manusia

Dari Abu Dzar al-Ghifari ra, ia berkata kalau Nabi Muahammad saw bersabda :

“Di tiap-tiap sendiri seseorang dari anda ada sedekah, tiap-tiap tasbih (perkataan subhanallah) merupakan sedekah, tiap-tiap tahmid (perkataan alhamdulillah) merupakan sedekah, tiap-tiap tahlil (perkataan lailahaillallah) merupakan sedekah, tiap-tiap takbir merupakan sedekah, menyuruh pada kebaikan merupakan sedekah, menahan dari kemungkaran merupakan sedekah. Serta dua rakaat Dhuha di beri pahala” (HR Muslim).

Ghanimah (keuntungan) yang besar

Dari Abdullah bin `Amr bin `Ash ra ia berkata :

“Rasulullah saw kirim suatu pasukan perang. Nabi saw berkata : “Perolehlah keuntungan (ghanimah) serta cepatlah kembali!. Mereka selanjutnya sama-sama bicara terkait dekatnya arah (tempat) perang serta banyak ghanimah (keuntungan) yang dapat dicapai serta cepat kembali (lantaran dekat jaraknya). Lantas Rasulullah saw berkata ; “Maukah kalian saya berikan pada arah paling dekat dari mereka (musuh yang dapat diperangi), paling banyak ghanimah (keuntungan) nya serta cepat kembalinya? Mereka menjawab ; “Ya! Rasul berkata lagi : “Barangsiapa yang berwudhu’, selanjutnya masuk dalam masjid buat melaksanakan shalat Dhuha, dia lah yang paling dekat tujuanannya (tempat perangnya), tambah banyak ghanimahnya serta lebih cepat kembalinya. ” (Shahih al-Targhib : 666)

Suatu tempat tinggal di surga

Buat yang rajin lakukan shalat Dhuha, jadi ia dapat dibangunkan suatu tempat tinggal didalam surga. Hal tersebut diterangkan dalam suatu hadits Nabi Muahammad saw :

“Barangsiapa yang shalat Dhuha jumlah empat rakaat serta empat rakaat diawalnya, jadi ia dapat dibangunkan suatu tempat tinggal di surge. ” (Shahih al-Jami` : 634)

Memeroleh ganjaran di sore hari

Dari Abu Darda’ ra, ia berkata kalau Rasulullah SAW bersabda, :

“Allah berfirman : Wahai anak Adam, janganlah sekali-kali engkau malas lakukan empat rakaat pada kala permulaan siang (Shalat Dhuha) kemungkinan besar pastinya bakal Saya cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya” (HR. Hakim serta Thabrani).

Dalam suatu histori juga dikatakan : (“Sesungguhnya Allah `Azza Wa Jalla berkata : “Wahai anak Adam, cukup bagi-Ku empat rakaat diawal hari, jadi saya dapat mencukupimu di sore harimu”).

Pahala Umrah

Dari Abu Umamah ra kalau Rasulullah saw bersabda :

“Barangsiapa yang keluar dari tempat tinggalnya dalam kondisi bersuci buat melakukan shalat perlu, jadi pahalanya seperti seseorang yang melakukan haji. Barangsiapa yang keluar buat melakukan shalat Dhuha, jadi pahalanya seperti orang yang melakukan umrah.. (Shahih al-Targhib : 673).

Dalam suatu hadits yang lain dikatakan kalau Nabi saw bersabda : “Barangsiapa yang lakukan shalat fajar (shubuh) berjamaah, selanjutnya ia (sehabis selesai) duduk mengingat Allah sampai terbit matahari, lantas ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia beroleh pahala seperti pahala haji serta umrah ; prima, prima, sempurna” (Shahih al-Jami` : 6346).

Ampunan Dosa

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa juga yang melakukan shalat dhuha dengan abadi, dapat diampuni dosanya oleh Allah, meski dosa itu jumlah buih di lautan. ” (HR Tirmidzi)

Sholatnya orang yang bertaubat

Rasulullah SAW bersabda, “Shalatnya beberapa orang yang bertaubat merupakan pada waktu berdirinya anak unta lantaran teriknya matahari. ” (HR. Muslim)

Berkata Imam Ibnul Qayyim, Sebetulnya shalat malam itu sanggup memberikannya cahaya yang nampak di muka serta membaguskannya Ada sebagian istri yang perbanyak proses shalat malam. Waktu ditanyakan pada mereka berkenaan hal semacam tersebut, mereka menjawab, Shalat malam itu sanggup membaguskan muka serta kami puas apabila muka kami jadi lebih cantik.

Nah itulah pembahasan yang berkaitan dengan rahasia sholat dhuha dan tahajud mudahan-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua serta menjadi suatu pendorong yang baik untuk senantiasa mengerjakannya setiap hari di waktu pagi, silahkan di baca secara teliti semua yang ada pada rahasia di balik sholat dhuha dan tahajud serta manfaatnya bagi kecantikan, kisah nyata, yusuf mansur, comments, bagi wanita dan lain sebagainya.
Advertisement