Doa Menyambelih Hewan Qurban Untuk Orang Lain Dan Milik Sendiri Terlengkap

Advertisement
Advertisement
Qurban adalah salah satu ritual yang sunnah di lakukan oleh kita sebagai umat islam pada hari raya idul adha yaitu tanggal 10 dzulhijjah dan hari-hari tasyrik. Qurban ini menjadi bukti ketaatan seseorang kepada allah dan rosulnya di mana beliau memerintah umatnya untu berqurban dengan hewan ternak baik itu sapi, domba, kambing, unta dan semisalnya, namun tidak untuk hewan-hewan kecil seperti ayam bebek kelinci dan yang lainnya.

Perintah berqurban ini sangat di tuntut untuk di laksanakan terutama oleh mereka yang sudah mampu mengeluarnya atau punya uang lebih untuk membeli hewan-hewan ternak tersebut. Tetapi tidak semua hewan seperti sapi atau kambing bisa bebas untuk di jadikan sebagai hewan qurban karena ada syarat-syarat dan ketentuan khusus seperti tidak boleh cacat, di dpatkan dari hasil yang halal, telah mencukupi umur dan lain sebagainya.

Baca Juga : niat puasa 9 dzulhijjah arafah dan tarwiyah sebelum idul Adha 2017

Selain hewan qurban harus memenuhi syarat, daging hasil penyembelihan pun harus di bagikan dengan tepat tidak boleh ada yang di jual untuk kepentingan sendiri kecuali sudah ada izin dari orang yang berhaq menerimanya, hal ini biasanya terjadi pada kulit hewan qurban. Selain itu orang yang menyembelih harus benar-benar yang ahli serta mengetahui tata cara serta hal-hal yang bersangkutan dengan permasalahan penyembelihan.

Doa Menyambelih Hewan Qurban

Salah satu hal yang sunnah di lakukan oleh orang yang menyembelih adalah membacakan doa, jika untuk orang lain maka doanya khusus untuk orang lain dan jika milik sendiri maka doanya juga di tujukan untuk diri sendiri. Nah mengingat qurban ini di kerjakan setahun sekali, maka tidak menutup kemungkinan jika ada saudara yang lupa akan bagaimana dengan bacaannya, oleh karena itu kami akan sajikan secara lengkap di bawah ini.

Doa Menyambelih qurban Untuk Orang Lain

بِسْمِ اللَّه اللَّهُمَّ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، هَذَا عَنْ فُلَانٍ

Artinya : Dengan Menyebut Nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu, ini kurban dariku.

اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ فُلَانٍ وَآلِ فُلَانٍ

Artinya : Ya Allah, terimalah kurban dari fulan dan keluarga fulan," dengan menyebut namanya.

Doa menyambelih Qurban Miliki Sendiri

بِسْمِ اللَّه اللَّهُمَّ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، هَذَا عَنِّي

Artinya : Dengan Nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu, ini kurban dariku.


Silahkan di hafal doa menyambelih hewan qurban di atas hingga benar-benar hafal betul, agar nanti pas tiba waktunya bisa di amalkan dengan baik. Jangan lupa untuk mempelajari lebih dalam semua yang berkaitan dengan doa menyambelih hewan qurban untuk orang lain dan milik sendiri terlengkap hewan ternak, aqiqah, sesuai sunnah, berkurban, tata cara, serah terima, idul adha, sapi, kambing dan yang lainnya.
Advertisement