Niat Keutamaan Puasa Arafah dan Tarwiyah 2018 8 - 9 Dzulhijjah Idul Adha

Niat Keutamaan Puasa Arafah dan Tarwiyah 2018 8 - 9 Dzulhijjah Idul Adha - Sungguh berbahagia orang yang di tahun ini bisa melaksanakan ibadah haji ke makah mukaromah, semoga mereka di sana di beri kesehatan dan kekuatan serta mampu melaksanakan syarat rukun haji secara sempurna sehingga termasuk pada golongan haji mabrur. Juga, mudah-mudahan mereka yang sedang berhaji bisa kembali berkumpul bersama keluarga tercintanya terutama saudara-saudara dan kerabat dekat kita, sampai di rumah dalam keadaan sehat, amin.

Pada halaman ini kami tuliskan secara khusus mengenai doa niat dan keutamaan niat puasa arafah dan tarwiyah lengkap dengan artinya dikerjakan pada tanggal 8 dan 9 djulhijjah sebelum menjelang idul adha atau biasa disebut juga dengan idul qurban, yang mana merupakan hari kemenangan bagi umat muslim untuk melaksanakan sholat idul adha dan disaat itu/ di bulan dzulhijjah banyak sekali momen-momen kebaikan yang baik untuk kita kerjakan termasuk berpuasa sunat arafah dan tarwiyah yang mana saudara muslim kita di mekah sedang melaksanakan ibadah haji mengerjakan syarat dan rukun haji yang utama.

kita pun yang belum bisa melaksanakan ibadah haji, tidak boleh kalah, jika mereka mendapatkan pahala ibadah haji maka kita juga harus sama-sama bisa merasakan kenikmatannya yaitu dengan cara melaksanakan puasa arafah dan tarwiyah dengan diawali niat puasa arafah dalam sarat berpuasa tersebut, maksud dari kenikmatan disini bukanlah yang bersipat duniawi seperti makanan enak, atau kesenangan-kesenangan semata, namun kenikmatan yang hakiki dari allah swt yang bisa di rasakan di akhirat nanti.

Niat Puasa 9 Dzulhijjah Arafah Dan Tarwiyah Sebelum Idul Adha 2017

Berapa Hari Puasa Arafah

Tidak Menutup kemungkinan jika dalam benak sebagian ada yang belum tahu kapan puasa arafah di laksanakan atau tanggal berapa?. Puasa arafah adalah hukumnya sunnah yang di kerjakan pada tanggal 9, dan puasa antarwiyah pada tangal 8 dzulhijjah sebelum hari raya idul adha. Bagi orang-orang yang tidak melaksanakan ibadah haji maka di anjurkan pada tanggal tersebut untuk melaksanakan puasa sunnah, adapun mengenai keutamaan dari puasa arafah - antarwiyah ini yaitu dapat menghapus dosa selama dua tahun yang telah berlalu dan yang akan datang, sebagai mana tercantum dalam sebuah hadits yang di riwayatkan oleh abu qotadah, rosululloh saw bersabda.

صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية

Sedang mengenai puasa tarwiyah yaitu di kerjakannya pada tanggal 8 dzulhijjah berarti sehari sebelum arafah, kesunnahan pelaksanaan dari puasa arafah ini bersumber dari sebuah hadits yang menerangkan bahwa puasa tarwiyah dapat menhapus dosa setahun sedangan puasa arafah menghafus dosa dua tahun. Namun ada yang mengatakan bahwa hadits ini dhoif atau lemah riwayatnya, tetapi kendati demikian para ulama bersepakat bahwa hadits dhoif boleh di amalkan dengan tujuan fadhoilul amal selama hadits tersebut tidak bersangkutan dengan hukum dan aqidah.

Lagi pula jika melihat pada hadits lainnya bahwa waktu yang paling istimewa adalah seperpuluh pertama pada bulan dzulhijjah, sehingga perbuatan-perbuatan baik yang di kerjakan pada waktu tersebut sangat di sukai oleh allah swt, sebagai mana dalam sebuah hadits yang di riwayatkan oleh ibnu abas.ra. rosul bersabda.

ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام يعني أيام العشر قالوا: يا رسول الله! ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله فلم يرجع من ذلك شيء

Hadits ini menerangkan pada kita semua bahwa tidak ada perbuatan baik yang paling di sukai oleh allah kecuali yang di kerjakan pada sepuluh pertama bulan dzulhijjah, meskipun di bandingkan dengan berzihan, terkecuali seorang laki-laki yang keluar dari rumah beserta diri dan hartaya lalu dia tidak kembali lagi dalam arti mati syahid. Maka dari jelas jika kita melaksanakan suatu kebaikan misalnya puasa pada tanggal tersebut maka allah swt sangat menyukainya. Lalu bagai mana niatnya, mari kita simak di bawah ini.

Niat Puasa Tarwiyah

نويت صوم تروية سنة لله تعالى

Na-wai-tu Shou-ma Tar-wi-yata Sun-na-tan Lil-la-hi Ta-'aa-la.

Artinya : Hendak Aku Berniat Puasa Hari Tarwiyah, Sunah Karena Allah Ta'ala.

Niat Puasa Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Na-wai-tu Shao-ma 'a-ro-fa-ta sun-na-tan lil-la-hi-ta'ala

Artinya : Hendak Aku Berniat Puasa Hari Arafah, Sunat Karena Allah Ta'ala.

Pernah terjadi pada beberapa tahun ke belakang, bahkan tidak menutup kemungkinan tahun-tahun yang akan datang pun akan terjadi juga yaitu penggalan awal bulan dzulhijjah di arab saudi dan indonesia berbeda misalnya jika di sana jatuh pada hari rabu sedang di sini hari kamis, lalu mana yang harus di ikuti? dalam hal ini maka sebagai warga indonesia kita harus mengikuti penggalan yang ada di indonesia sebab itu hanya perbedaan posisi dari geografi saja.

Nah itulah sedikit dari pembahasan niat puasa arafah dan tarwiyah 9 dzulhijjah yang bisa anda amalkan untuk mendapatkan kebaikan, mudah-mudahan meskipun cukup sekilas tetapi bisa memberikan manfaat yang besar. Jika ingin mempelajari lebih dalam seputar puasa sebelum idul adha ini silahkan pelajari hal-hal yang bersangkutan dengan niat puasa 9 dzulhijjah arafah dan tarwiyah sebelum idul adha 2017 hari raya, pertama, kedua, keutamaan, berapa hari, 2, hadits, adalah, waktu, jatuh pada tanggal, pengertian, duluan mana, hikmah, hukum dan lain sebagainya.