Niat Shalat Idul Adha Lengkap Tata Cara Bacaan Arab Dan Artinya

Advertisement
Advertisement
Idul adha adalah sebuah hari raya umat islam yang berada pada tanggal 10 bulan dzulhijjah, atau di sebut juga dengan hari raya qurban. Pada hari tersebut semua umat islam di haruskan untuk mengerjakan shalat sunnah yang waktunya di pagi hari setelah matahari terbit, hal ini juga sama ketika di lakukan shalat idul fitri pada tanggal 1 syawal setelah ramadhan.

Sebelum membahas pada tata cara shalat idul adha beserta bacaan niatnya maka lebih baik jika mengetahui dulu apa saja amalan-amalan yang di sunnahkan pada bulan dzulhijjah ini selain shalat sunnah. Sebelum melaksanakan shalat hari raya, ada sebuah kesunnahan yang alangkah baiknya di kerjakan dulu oleh setiap umat muslim yaitu puasa arafah dan tarwiyah pada tanggal 8 dan 9 dzulhijjah, puasa ini memiliki keutamaan yang tinggi bagi yang melaksanakannya.

Sementara hukum dari pelaksanaan shalat idul adha ini yaitu sunnah mu'akad, artinya sangat di anjurkan baik kepada laki-laki atau perempuan yang sudah baligh untuk mengerjakannya. Selain itu juga shalat idul adha ini di sunnahkan untu di kerjakan secara berjamaah baik itu di lapangan luas atau di dalam mesjid, namun jika jamaah memungkin masih tertampung di mesjid maka lebih utama pelaksaannya di mesjid saja.

Niat Shalat Idul Adha Lengkap Tata Cara Bacaan Arab Dan Artinya

Sebelum melaksanakan shalat hari raya idul adha di sunnahkan juga untuk para jamaah terlebih dahulu melakukan mandi sunnah hari raya idul adha, ini bisa di lakukan sebelum pergi ke tempat shalat seperti setelah subuh, selanjutnya selama di perjalanan jangan lupa untuk terus membaca takbir, hingga duduk di mesjid sampai tiba waktu di kerjakan shalat idul adha, serta jangan lupa mengenakan pakaian yang bersih,, jika ada lebih utama memakai baju putih dan bersih.

Panduan Cara Pelaksanaan Shalat Idul Adha Secara lengkap

Niat Shalat Idul Adha

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushal-li Sun-nata ;iidhil adha-a rak'ataini mustaqhbilal qiblati ma'mu-man lillahi ta'alaa

Artinya : Aku sengaja beniat shalat sunnt idul adha dua raka'at menghadap ke kiblat menjadi makmum karena Allah Ta'ala

Dalam tata cara pelaksanaan dari shalat idul adha sebenarnya tidak begitu jauh berbeda dengan idul fitri yaitu di awali dengan takhbirotul ikhram serta di akhiri dengan salam, sedangan jumlah dari rakaatnya yaitu di lakukan sebanyak 2 rakaat. Dan, setelah selesai shalat di lanjut dengan khutbah idul adha yang di kerjakan oleh imam sementara sebagai makmum cukup hanya menyimak saja dengan khusu.

Pertama adalah takhbirotul ikhram, niat di atas di ucapkan berbarengan dengan bacaan allahuakhbar pada takhbirotul ikhram, setelah selesai di lanjut membaca doa iftitah, setelah selesai di lanjut dengan melakukan takhbir sebanyak 7 kali takhbiran, yang mana setiap setelah takhbir membaca tasbis, bacaannya yaitu.

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

Subhanallahi walhamdu lillahi walaa ilaha illallah wallahu akhbar.

Selanjutnya yaitu membaca surat fatihah dari awal hingga akhir yang kemudian di lanjut lagi dengan bacaan surat dari al-qur'an, lebih di anjurkan pada rakaat pertama membaca surat al-A’la selanjutnya ruku, berdiri dari ruku' sujud, duduk di antara sujud, sujud lagi, kemudian berdiri untuk melaksanakan rakaat kedua.

Setelah berdiri di lanjut lagi dengan takhbir sebanyak 5 Kali selain takbir berdiri dari sujud, dan di antara tiap masing-masing takbir tersebut mambaca tasbih seperti bacaan pada rakaat pertama. di lanjut fatihah kemudian surat, lebih di anjurkan membaca surat Al Ghasyiyah, selanjutnya seperti yang di lakukan pada rakaat pertama di tambah tahiyat akhir dan salam.

Setelah selesai salam di lanjut dengan khutbah idul adha, di lakukan oleh orang yang sudah di tugaskan, usahakan isi khutbah berisikan hal-hal yang berkaitan dengan idul adha, qurban, atau semisalnya.

Sampai di situ maka shalat niat shalat idul adha dan tata cara lengkap dengan bacaannya sudah selesai di kerjakan, yang selanjutnya langsung jangan lama-lama untuk melaksanakan penyembelihan hewan qurban jika ada yang berqurban, karena qurban tersebut lebih baik untuk di segerakan.
Advertisement