Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Hajat Khusus Lengkap

Advertisement
Advertisement
Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Hajat Khusus Lengkap - .Assalamu'alaikum, pada kesempatan ini yang akan kami sedikit bahas yaitu tentang sholat hajat, ada beberapa hal berhubung dengan sholat hajat antara lain tata cara sholat hajat, niat sholat hajat, doa sholat hajat, waktu sholat hajat yang dilarang, waktu sholat hajat yang baik, sholat hajat khusus rejeki, sholat hajat jodoh, waktu sholat hajat yang mustajab, keajaiban shalat hajat dan lain-lain yang terkait dengan sholat hajat.

Lalu pada artikel ini kami akan sedikit membahas tentang sholat hajat antara lain niat, doa dan tata cara sholat hajat atau yang lainnya akan di bahas secara singkat dan simpel dalam sekilas yang di ambil dari pada intinya, karena sholat hajat di laksanakan secara khusus pada umumnya yakni dimana seseorang sedang dalam kedaan bermaksud sesuatu yang tentunya baik maka sebaiknya laksanakanlah terlebih dahulu sholat hajat.

Kata hajat berarti ada keperluan yang di khususkan baik itu secara pribadi, secara keluarga atau secara umum, dalam keutamaan sholat hajat secara khususnya dikala kita sedang mengharapkan sesuatu yang baik memintalah kepada Allah SWT agar hajat/keperluan kita tersebut dilancarkan diberi kemudahan dan di kabulkan oleh Allah, semoga Allah SWT senantiasa mengabulkan doa/harapan kita.

Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Hajat Khusus Lengkap

Dalam pelaksanaan sholat hajat ada bacaan-bacaan aorod yang seharusnya dibaca setelah sholat hajat tersebut yamg di laksanakan sebelum berlangsung memanjatkan doa yakni membaca wirid dan dzikir terlebih dahulu. Seperti membaca Istighfar 100x, membaca sholawat nabi 100x serta bacaan wirid dan dzikir lainnya, pada intinya bertaubat membersihkan diri memohon ampunan Allah, dari segala dosa yang telah kita lakukan.

Untuk tata cara pelaksanaan sholat hajat sama saja seperti melaksanakan sholat sunnah lainnya, akan tetapi dalam pembacaan surat setelah alfatihah ada surat yang di khususkan, antara lain pada rakaat pertama setelah fatihah membaca surat al'kafirun sebanyak 9 atau 11 kali, kemudian pada rakaat kedua setelah membaca al'fatihah di lanjutkan kepada surat al-ikhlas yang jumlahnya sama seperti rakaat pertama.

Akan tetapi dalam keterangan yang lain ada yang berpendapat ia mengatakan bahwa dari doa yang dikabulkan adalah seorang hamba yang salat 12 rakaat, iamembaca pada tiap rakaatnya ayat Kursi dan surah Al-Ikhlas, kita tinggal pilih saja mana yang kita mampuh, atau tidak hafal dengan bacaan-bacaan surat tersebut maka bacalah surat-surat dari al-qur'an yang kita hafal, dan untuk jumlahan shalat hajat dilaksanakan sedikitnya dua rakaat dan banyaknya 12 rakaat dengan membaca salam pada dua rakaatnya, berikut untuk bacaan niat dan doa sholat hajat.

Niat Sholat Hajat

أُصَلِّي سُنَّةَ الحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعاَلَى

Tulisan Latin :
Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.

Artinya :
Aku berniat salat hajat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat :

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لاَتَدَعْ لَنَا ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضَا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Tulisan Arab :
Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya :
"Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang".

melaksanakan sholat hajat tersebut tiada lain pada intinya semata-mata seja' beribadah kepada Allah SWT maka dari itu niatkanlah yang ikhlas karena Alloh, dan selagi sempat laksanakanlah shalat hajat walaupun tidak bermaksud hajat. Niat shalat hajat lengkap dan juga bacaan serta tata caranya telah kami sampaikan di atas kini saatnya kami akhiri untuk artikel shalat hajat ini, semoga ada manfaatnya, sekian terimakasih.
Advertisement