Bacaan Niat dan Doa Sholat istikhoroh Lengkap Arab Latin dengan Tata Caranya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Niat dan Doa Sholat istikhoroh Lengkap dengan Tata Caranya - Shalat istikharah adalah salah satu sholat sunnat yang di laksanakan secara khusus ketika kita berada dalam keadaan bingung atau bimbang untuk menentukan suatu pilihan umpamanya dalam menentukan jodoh, bingung untuk menentukan suatu pekerjaan atau dalam penentuan apa saja yang baik dan meminta yang bermaslahat maka segeralah ambil air wudhu minta petunjuk kepada Allah SWT. lalu laksanakanlah shalat istikharah.

Kemudian untuk pengertian istikhoroh bahasa istikharah sendiri berasal dari bahasa arab yang artinya (memilih), hal tersebut sering terjadi kepada kita maka dari itu kita terlebih dahulu meminta petunjuk kepada Al Hadii artinya yang maha memberikan petunjuk, kita meminta petunjuk untuk menentukan pilihan sesuatu dari beberapa hal yang akan kita ambil dari salahsatunya yang terdapat keraguan dalam hati untuk menentukan pilihannya maka segeralah meminta petunjuk dengan melaksanakan sholat sunnah istikhoroh.

Namun tidak juga demikian, melaksanakan shalat istikharah semata-mata kita berbakti, mengabdi beribadah kepada Alloh SWT, maka dari itu niatkanlah dengan hati yang ikhlas karena Alloh, selain kita berhajat / berkeperluanpun selagi bisa sempatkanlah untuk melaksanakan sholat istikhoroh supaya jadi terbiasa istiqomah dalam mengerjakan sholat sunnah sebagaimana kita melaksanakan sholat sunnah lainnya.

 Bacaan Niat dan Doa Sholat istikhoroh Lengkap dengan Tata Caranya

Ada banyak keistimewaan dan keutamaan dari melaksanakan amaliyah shalat sunnah istikhoroh diantaranya ada sebuah hadits sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya "Jika salah seorang diantara kalian berniat dalam suatu urusan maka lakukanlah Shalat Sunah dua raka'at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah meminta kepada Allah" (HR. Al-Bukhari).

Dalam pelaksanaan shalat istikharah pertama wmengenai waktunya, untuk waktu melaksanakan sholat istikhoroh boleh di laksanakan kapan saja baik siang ataupun malam, namun yang lebih utama yaitu dilaksanakan pada malam hari di pertengahan malam agar suasananya lebih khusyu, kemudian untuk jumlah rakaat dalam mengerjakan shalat istikharah yaitu dua rakaat sebagaimana kita melaksanakn shalat sunnah lainnya.

Dan untuk tata caranya sama sbagaimana melaksanakan sholat sunnah pada umumnya yakni :
- Mengucapkan niat dan menanamkannya di dalam hati karena tempat niat yang sesungguhnya yaitu di dalam hati
- Mengucapkan takbir (Allahu Akbar) dengan mengangkat kedua tangan
- Membaca Surat Al-Fatihah di rakaat pertama
- Ruku', sujud dan bacaanya seperti shalat pada umumnya
- Kemudian pada rakaat kedua membaca Al-Fatihah, lalu membaca surat Al-Ikhlas satu kali.
- apabila tidak hafal bacaan tersebut dibolehkan membaca surah yang lainnya.
- kemudian Ruku, dan sujud bacaannya seperti shalat pada umumnya.
- Uluk Salam.

Berikut di bawah ini akan kami tuliskan untuk bacaan niat sholat istikharah dan juga bacaan doa setelah melaksanakan sholat istikhoroh lengkap dengan tulisan arab, tulisan latin dan artinya.

Bacaan Niat shalat Istikharah Lengkap :

اُصَلِّى سُنَّةَ اْلاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII SUNNATAL ISTIKHAARATI RAK'ATAINI LILLAAHI TA'AALA
Artinya :
"Saya berniat shalat sunnat Istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala"

Bacaan Doa Sholat Istikharoh :

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَخَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ.

ALLOOHUMMA INNI ASTAKHIIRUKA BI'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA WA AS ALUKA MIN FADHLIKAL 'ADZHIIMI. FAINNAKA TAQDIRU WALAA AQDIRU WALAA A'LAMU WA ANTA 'AL-LAAMULGHUYUUBI. ALLOOHUMMA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO KHOIRUN LII FII DIINII WAMA'AASYII FAQDURHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI WA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO SYARRUN LII FII DIINII WA MA'AASYII WA 'AAQIBATI AMRII WA 'AAJILIHI FASHRIFHU 'ANNII WASHRIFNII 'ANHU WAQDURLIL KHOIRO HAITSU KAANA TSUMMA RODH-DHINII BIHI.

Artinya :
Wahai Allah, bahwasanya aku mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa, sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini ........ adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya, maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu ......... menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya, maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu.

Semoga Allah SWT senantiasa selalu memberikan petunjuk dan jalan terbaik kepada hamba-hambanya yang beriman amin, dan itulah tadi sedikit pembahasan mengenai sholat istikhoroh semoga apa yang kami sampaikan diatas tadi dapat bermanfaat mohon maaf dari segala kekurangannya sekian dan terimakasih telah mengunjungi situs blog kami.
Advertisement