Pengertian Syarat Bacaan Rukun Shalat 17 Lengkap yang Wajib Diketahui

Advertisement
Advertisement
Pengertian Syarat Bacaan Rukun Shalat 17 Lengkap yang Wajib Diketahui - Assalamu'alaikum Wr,Wb. Setelah kita bahas mengenai bacaan niat sholat pada artikel sebelumnya di sini akan kami tuliskan juga untuk rukun sholat menurut fiqih, diambil dari kitab fiqih diantaranya dari kitab sulamuttaufiq, rukun shalat seluruhannya berjumlah tujuh belas, namun sebahagian ulama ada yang berpendapat bahwa rukun sholat berjumlah tiga belas, kita bahas disini sesuai dengan pendapat para ulama tentang 17 rukun sholat.

Wajib diketahui dalam pengertian rukun shalat bagi seluruh mukmin yang mukallaf mengenai syarat rukun dan ketentuan dalam hal ibadah, terutama dalam ibadah shalat yang kita kerjakan setiap waktu yakni lima waktu sholat wajib dalam sehari, karena walau beberapa banyakpun kita melaksanakan ibadah kalau tidak disertai ilmunya maka tidaklah syah ibadah/sholat tersebut, sebagaimana dalam keterangan "Wakuluman bighoeri ilmin ya'malu amaluhu mardudatun latuqbalu" yang artinya : Setiap orang yang beramal tanpa didasari ilmu maka amalnya tidak akan diterima.

Sungguh begitu indah dalam ajaran Islam selalu mengajarkan tentang bagaimana dalam praknya melaksanakan ibadah dengan baik, tertib penuh dengan kehati-hatian tidaklah gegabah semua ada aturannya yang telah di jelaskan di berbagai kitab atau fatwa para ulama, maka dari itu sering-seringlah bersilaturrahmi kepada Alim Ulama, sempatkanlah untuk mondok di pondok Pesantren agar kita dapat memahami berbagai kajian ilmu Islam, terutama ilmu fiqih aturan dalam kita beribadah.

Pengertian Syarat Bacaan Rukun Shalat 17 Lengkap yang Wajib Diketahui

Namun setidaknya jiga tidak sempat untuk mondok di pesantren-pesantren setidaknya kita selalu aktif dalam pengajian-pengajian di daerah kita misal pengajian mingguan atau bagaimana saja dan sebaiknya sering-seringlah untuk berkonsultasi dengan ustadz/kiyai ahli ilmu untuk mendapat pencerahan dalam hal ibadah misal mengetahui akan syarat sah shalat, syarat wajib shalat, tentang puasa atau apa saja yang perlu diketahui, berikut di bawah ini untuk jumlah dan rincian rukun shalat 17.

1. Niat, tempat niat yang paling utama yaitu di kedalkan di dalam hati, dan diucapkan pada lisan itu sunat hukumnya.

2. Takbirotul ihrom (mengucapkan “Allahuakbar).

3. berdiri bagi yang mampu(ketika) dalam sholat fardu atau sunat

4.Membaca surat al-fatihah dengan jelas, tartil, pasih sesuai dengan aturan tajwid

5.Ruku’ (membungkukkan badan).

6.thumakninah dalam rukuk

7.iktidal (berdiri bangun dari rukuk)

8.Thuma’ninah (diam sebentar waktu i’tidal)

9.sujud dua kali

10.thumakninah dalam sujud

11.duduk diantara dua sujud

12.thumakninah dalam duduk diantara dua sujud

13.membaca tasyahud akhir

14.duduk (ketika membaca) tasyahud akhir

15.membaca sholawat pada nabi muhammad saw. dalam duduk tasyahud akhir

16.membaca salam (uluq salam)

17.tertib (mengerjakan secara berurutan)


Untuk keterangan berdiri bagi yang mampuh dalam mengerjakan sholat Hadist riwayat Bukhari, Rasulullah bersabda, "Shalatlah dengan berdiri. Jika tidak mampu maka dengan duduk. Dan jika tidak mampu juga, maka berbaring." (At-Tadzhib, h. 49). Semoga apa yang kami sampaikan diatas terkait jumlahan rincian rukun shalat, walau di tulis secara singkat tapi kami punya harapan semoga dapat bermanfaat bagi siapa saja yang hendak membutuhkannya, mohon maaf apabila ada kekurangan atau kesalahan dalam penulisan sekian dan terimakasih Wassalamu'alaikum Wr,Wb.
Advertisement