Lafadz Bacaan Doa Tahiyat/Tasyahud Awal dan Akhir Lengkap Arab Latin Artinya

Advertisement
Advertisement
Lafadz Bacaan Doa Tahiyat/Tasyahud Awal dan Akhir Lengkap Arab Latin Artinya - Assalamu'alaikum Wr,Wb. Semoga sahabat sekalian ada dalam keadaan sehat dan selalu ada dalam lindungan Allah SWT, selanjutnya dalam artikel ini kami akan sedikit memaparkan tentang bacaan tahiyat awal dan juga tahiyat akhir dalam sholat baik itu sholat fardhu atau sholat sunnah, bacaan tahiyat tersebut akan kami tulis secara lengkap dalam tulisan arab, latin dan juga arti bacaannya, tujuannya agar mudah di baca oleh siapa saja yang hendak mengunjungi ke blog/artikel ini.

Sebelum kami tuliskan dengan apa inti tujuan yang akan kami tuliskan di paraghraf ini akan sedikit membahas mengenai bacaan tahiyat awal dan akhir yang shahih, tahiyat atau tasyahud ajhir merupakan salah satu dari tujuh belas rukun shalat, maka dari itu apabila dengan sengaja meninggalkan untuk melaksanakan atau membaca bacaan tahiyat akhir maka tidaklah syah shalatnya, maka dari itu membaca bacaan tahiyat akhir yang betul mesti kita selalu baca dalam sholat.

Adapun untuk bacaan tahiyat awal itu sama saja dengan bacaan tahiyat akhir, hanya kalau membaca tahiyat awal sampai bacaan syahadat dan bacaan sholawat "ALLOOHUMMA SHOLLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD", dan hukum dalam mengerjakan tahiyat awal merupakan sunat ab'adh, apabila lupa mengerjakannya maka harus menggantinya dengan melaksanakan sujud syahwi sebagaimana kita lupa untuk melaksanakan qunut dalam sholat shubuh.


Berikut dibawah ini untuk Bacaan Tahiyat Akhir Lengkap Yang Shahih Sesuai Sunnah Dalam Bahasa Arab :

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Tulisan Latin :
ATTAHIYYAATUL MUBAAROKAATUSH SHOLAWAATUT TOYYIBAATULILLAAH ASSALAAMU'ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WAROHMATULLOOHI WABAROKAATUHU ASSALAAMU'ALAINAA WA 'ALAA 'IBAADIL-LAAHISH-SHOOLIHIINA. ASYHADU ANLAA ILAAHA IL-LALLOOH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR ROSUULULLAAH. ALLOOHUMMA SHOLLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN. KAMAA SHOL-LAITA 'ALAA SAYYIDINAA IBROOHIIMA WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA IBROOHIIMA WABAARIK 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN KAMAA BAAROKTA 'ALAA SAYYIDINAA IBROOHIIMA WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA IBROOHIIMA FIL 'AALAMIINA INNAKA HAMIIDUN MAJIIDUN

Artinya :
"Segala penghormatan yang berkat solat yang baik adalah untuk Allah. Sejahtera atas engkau wahai Nabi dan rahmat Allah serta keberkatannya. Sejahtera ke atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang soleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad itu adalah pesuruh Allah. Ya Tuhan kami, selawatkanlah ke atas Nabi Muhammad dan ke atas keluarganya. Sebagaimana Engkau selawatkan ke atas Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim. Berkatilah ke atas Muhammad dan atas keluarganya sebagaimana Engkau berkati ke atas Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim di dalam alam ini. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung".

Kemudian membaca doa setelah tahiyat akhir yang mana di bacakan setelah selesai membaca bacaan tahiyat akhir sebelum berlangsung melaksanakan uluq salam, dalam keterangan yang sahih ada empat macam bacaan doa setelah tahiyat akhir dan itu merupakan sunat hukumnya, dan disini akan kami tuliskan salah satu bacaan doa setelah tahiyat yang biasa kita baca setelah tahiyat akhir, berikut bacaannya :

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِجَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

Artinya :
“Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari siksaan kubur, siksa neraka Jahanam, fitnah kehidupan dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah Almasih Dajjal”.

Bacaan tahiyat diatas bacalah dengan tartib dan tartil, jangan terburu-buru dalam membacanya, begitu juga dalam semua bacaan-bacaan sholat hendaklah harus dengan tartib/tartil dan di penuhi dengan rasa kekhusuan dan keikhlasan, semoga apa yang dapat kami sampaikan diatas memiliki makna bermanfaat bagi siapa saja yang hendak mengunjungi artikel/blog ini, jangan lupa cari juga untuk bacaan doa-doa penting lainnya pilih pada label di atas atau klik kepada home blog kami, sekian dan terimakasih.
Advertisement