Amalan Sholawat dan Bacaan Doa Bulan Rajab Lengkap Arab Artinya

Assalamu'alaikum Wr,Wb. Alhamdulillah pada kesempatan ini kita dapat kembali bertemu melalui artikel-artikel yang kami posting, semoga kami dapat terus membuat artikel untuk berbagai kajian-kajian dalam islam, karena begitu banyaknya berbagai bacaan-bacaan doa yang harus mesti kita ketahui dan hafalkan untuk diamalkan pada setiap waktunya, termasuk bacaan doa bulan rajab yang akan kita bahas disini meski dalam pengamalannya dibacakan satu tahun sekali tetapi bacaan doa tersebut memiliki makna dan keutamaan yang sangat luar biasa.

Secara umum kita harus selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT, bahkan di setiap kita akan melangkah atau mau memulai aktifitas apa saja mesti harus diawali dengan berdoa meminta pertolongan agar di mudahkan dalam segala urusan kita atau saat kita meminta apa saja yang kita hajatkan yang di lantunkan dalam sebuah doa, namun banyak juga lafadz bacaan doa yang harus di bacakan pada saat-saat tertentu, bahkan bacaan doa rajab tersebut sering juga dibacakan secara serempak di majlis-majlis saat pengajian secara bersama.

Baiklah disini atau dibawah ini kami akan tuliskan untuk amalan doa bulan rajab lengkap, bahkan amalan doa tersebut di runtuykan dalam tiga bulan yakni bulan rajab, sya'ban dan ramadhan karena ketiga bulan tersebut termasuk bulan yang sangat di istimewakan dalam hitungan hijriyah, pada bulan rajab juga ada amalan sunat khusus puasa rajab tentu saja memiliki fadhillah yang utama, sebaiknya kita mesti mengamalkannya juga, dan memperbanyak bacaan istighfar rajab, sebagaimana kita baca istighfar.

Amalan Sholawat dan Bacaan Doa Bulan Rajab Lengkap Arab Artinya

Selain itu kita juga harus di tingkatkan dalam membacakan sholawat pada saat bulan rajab, namun sebaiknya pada bulan-bulan lainnya juga kita mesti harus banyak berdoa, beristighfar, memperbanyak sholawat kepada baginda Nabi SAW. Bulan rajab adalah saat dimana isro' mi'rajnya baginda Nabi besar Muhammad SAW, bulan rajab termasuk salah satu bulan haram, artinya bulan yang dimuliakan. Dalam Islam, terdapat empat bulan haram, yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab Rasulullah mencontohkan, ketika memasuki bulan Rajab beliau membacakan doa, berikut doanya.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

ALLAHUMA BARIK LANA FI RAJABA WASYA‘BANA WABALLIGHNA RAMADLANA

“Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.” (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir)

Dalam bacaan doa bulan rajab tersebut dilantunkan ya Allah berkahilah kami semua pada bulan rajab, sya'ban dan pertemukanlah kami dengan bulan ramadlan, tentu saja kita memohon keberkahan di bulan yang di agungkan tersebut, seperti halnya bulan ramadlan atau sering kita sebut dengn bulan puasa, bulan suci dimana bulan tersebut sangatlah di tunggu-tunggu karena bulan yang penuh berkah, kita dianjurkan untuk berlomba-lomba dalam mengerjakan amalan peribadahan. Semoga apa yang dapat kami sampaikan diatas dapat bermanfaat, mohon maaf dari segala kekurangannya sekian dan terimakasih Wassalamu'alaikum Wr,Wb.