Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Baru 2018 Masehi 1440 Hijriyah

Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Baru 2018 Masehi 1440 Hijriyah - Assalamu'alaikum. Pergantian tahun merupakan sesuatu mutlak yang terjadi setiap satu tahun sekali baik itu pada tahun hijriyah maupun masehi pada musimpun diistilahkan awal tahun dan musim akhir tahun di tahun sekian yang berjalan menyusun sesuai susunan angka berjalan, hal ini tentu menjadi patokan dalam kehidupan bahwa kita berjalan dalam waktu dan waktu yang sudah kita lewati tidak mungkin bisa diulang kembali, maka untuk itu mari kita sama-sama isi semua waktu ini dengan kebaikan yang bermanfaat.

Buatlah hidup ini menjadi lebih bermanfaat dan selalu ingat akan datangnya ajal atau kematian, dalam ajaran islam selalu mengajarkan berbagai kebaikan baik itu secara perbuatan maupun secara amalan, ada banyak amalan baik yang mesti kita perbuat dalam kehidupan ini baik itu tiap waktu, tiap hari, tiap minggu, tiap bulan bahkan tiap tahunpun ada banyak amalan baik yang mesti kita kerjakan, termasuk juga dalam amalan membaca bacaan doa akhir dan awal tahun masehi/hijriyah dan masih banyak lagi amalan tahunan lainnya untuk diamalkan.

Pada halaman ini kami akan fokuskan satu pembahasan dan kelengkapan untuk bacaan doa awal tahun dan doa akhir tahun masehi atau hijriyah, dua bacaan doa tersebut di tulis secara terpisah antara doa awal tahun dan doa akhir tahun, bacaannya akan kami lengkapi dengan tulisan arab, latin indonesia dan artinya yang lengkap, kedua amalan doa ini boleh dibacakan ketika akan tutup tahun atau awal tahun di hitungan tahun hijriyah dan tahun masehi, pada dasarnya doa yang akan kami tuliskan disini baik dibacakan saat menjelang muharram ataupun menjelang bulan januari.

Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Baru 2018 Masehi 1440 Hijriyah

Bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semua dengan diberkahinya bertambah tahun, kita masih diberikan kesempatan di tahun ini dan di tahun berikutnya yang sebentar lagi akan kita awali, kita selalu berharap agar di tahun depan diberikan kebaikan yang lebih baik dalam segala hal, sebagai muslim yang baik mintalah agar kita selalu ditetapkan dalam iman dan taqwa, minta agar di kuatkan iman islam kita menghadapi segala rintangan dalam kehidupan, meminta agar segala dosa yang telah kita perbuat di tahun sebelumnya agar diampuni oleh Allah SWT dan pintalah doa-doa yang baik untuk harapan di tahun yang akan datang, dan berikut ini sebagai bacaan doa akhir dan awal tahun hijriyah dan masehi.

Bacaan Doa Akhir Tahun :

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allohumma ma amiltu min amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha alayya bi fadhlika ba'da qudratika ala uqubati, wa da'autani ilat taubati min ba'di jarâ'ati ala ma shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma amiltu fîha mimma tardha, wa wa'attani alaihits tsawaba, fa as'aluka an tataqabbala minni wa la taqtha raja minka ya karim.

Artinya : Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku.

Bacaan Doa Awal Tahun :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allahumma antal abadiyyul qad'mul awwal. Wa 'ala fadhlikal 'azhimi wa karimi judikal mu'awwal. Hadza 'amun jadidun qad aqbal. As'alukal 'ishmata fîhi minas syaithani wa auliya'ih, wal 'auna 'ala hadzihin nafsil ammarati bis su'i, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya : Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan, Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini, Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Dalam awal tahun di tahun hijriyah yakni tepatnya bulan muharram ada keutamaan puasa asyura yakni puasa pada tanggal 10 di bulan muharram, dan untuk bacaan niat puasa asyura sendiri telah kami sediakan di halaman lainnya dengan sengaja kami kaitkan agar mudah tersambung ke halaman tersebut, dalam puasa sunat tiada batasannya kecuali pada waktu yang tidak diperbolehkan untuk mengerjakan puasa, artinya jika ingin disertai dengan mengerjakan puasa sunat di awal tahun baik itu tahun hijriyah ataupun masehi justru lebih baik.

Jika mengerjakan puasa sunat dalam bulan muharram / di tahun baru muharram sebaiknya diawali dari tanggal satu muharram hingga sepuluh muharram menyambung ke puasa asyura tersebut. Kini sudah saatnya kami akhiri sebuah pembahasan mengenai bacaan doa awal akhir tahun dan doa awal tahun yang telah di bahas di halaman ini, semoaga apa yang kami sampaikan disini mengandung nilai bermanfaat bagi siapa saja yang hendak memerlukannya dengan mengunjungi ke situs kami, mohon maaf dari segala kekurangannya sekian dan terimakasih Wassalamu'alaikum Wr.Wb.